Monday, November 2, 2009

  • PROGRAM KELILING DAN LUAS LINGKARAN
    • ALGORITMA
      • Masukkan panjang jari-jari lingkaran.
      • Hitung keliling lingkaran dengan rumus k=2*pi*r.
      • Hitung luas lingkaran dengan rumus L=pi*r*r.
      • Tampilkan hasilnya.
    • FLOWCHART

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4pKFPPn_FV8S8M8w-umqN6_8RZG3ltAco0-ajrB_sacc7y3oLQe2G5RK5Mxf2RzRCUwpkXAAfpogM038ohkzD42u6eOgWl95BZLiksqjynHXu92DH5v292TxmuWcw-SvYEHDOgADpC_wC/s320/Flowchart+-+lingkaran.jpg

    • SCRIPT PROGRAM

/*program menghitung keliling dan luas lingkaran*/

/*M. IBNU ZAHID (7409030050)*/

#include

main()

{

int r,a=1;

double keliling,luas,pi=3.14;

char c;

printf("M. IBNU ZAHID (7409030050)\n\n");

while(a)

{

printf("Masukkan panjang jari-jari:");

scanf("%d",&r);

keliling=2*pi*r;

luas=0.5*pi*r*r;

printf("\nnilai kelilingnya adalah %.2f\n",keliling);

printf("\nnilai luasnya adalah %.2f\n",luas);

fflush(stdin);

printf("\n\n\nprogram dilanjutkan apa tidak[y/t]??");

c=getchar();

if(c=='y'||c=='Y')

a=1;

else

a=0;

}

}

OUTPUT

  • PROGRAM KONVERSI SUHU
    • ALGORITMA
      • Masukkan suhu dalam satuan celcius.
      • Konversikan Celcius ke dalam Fahrennheit dengan rumus F=C*1.8+32.
      • Konversikan Celcius ke dalam Kelvin .
      • Konversikan Celcius ke dalam Reamur
    • FLOWCHART

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhx5gVvT8u66p62L0kDFzRHr7u9BrIjuLg8dlbyrNAHc3iLK9FnDq4YymLcLDu9dsEHEibcyUHpzvJLs3x1f3Ssk5WqMTDJRlFrvWxdQbg4jvXiJpRa619Q1MXNFOMhgfMeicQ2f58WrvkL/s320/flow2.jpg

    • SCRIPT PROGRAM

/*Program Pengkonversi suhu*/

/*M. IBNU ZAHID (7409030050)*/

#include

main()

{

int C,a=1;

char p;

double F,K;

printf("\t\t M. IBNU ZAHID (7409030050)\t\t\n\n");

while(a)

{

printf("Masukkan suhu dalam celcius = ");

scanf("%d",&C);

F=(C*1.8)+32;

K=C+273;

printf("\n\nDalam bentuk fahrenheit, %d C = %g F\n", C, F);

printf("Dalam bentuk kelvin, %d C = %g K\n", C, K);

fflush(stdin);

printf("\n\n\nApakah Anda ingin menlanjutkan[y/t]?? ");

p=getchar();

if(p=='y'||p=='Y')

a=1;

else

a=0;

}

}

    • OUTPUT

  • PROGRAM BILANGAN GANJIL
    • ALGORITMA
      • Inisialisasi i=11
      • Untuk i=11 sampai i<=30, i=i+2
      • Jika i=21 atau i=27, maka continue
      • Jika tidak, maka cetak hasil
    • FLOWCHART

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoQGvWlNCeYYuzH20cbSk7W3u1tJhoVeHBLHHhyXsxL85c_1Bs1FVd5kuEPjFYkJg4J2bYtnbRmv8KcPy9fNhTWoGUQ9tMIknM-1ExFGLwUZKYipo3ffB9AinYL0vzqU9FmNL1jhT49PxB/s320/flow-31.jpg

    • SCRIPT PROGRAM

/*Program Untuk menampilkan bilangan Ganjil*/

/*M. IBNU ZAHID (7409030050)*/

#include

main()

{

int i=11;

printf("M. IBNU ZAHID (7409030050)\n\n");

for(i=11;i<=30;i+=2)

if(i==21||i==27)

continue;

else

printf("%3d", i);

printf("\n\n");

}

    • OUTPUT

  • PROGRAM DESKRIMINAN
    • ALGORITMA
      • Masukkan nilai a, b, dan c.
      • Hitung deskriminan dengan menggunakan rumus D=b2-4ac.
      • Jika D=0, maka terdapat 2 akar real yang kembar, yaitu:
        • X1 = X2 = -b/2a
      • Jika D>0, maka terdapat 2 akar real yang berlainan, yaitu:
        • X1 = (-b + sqrt(D) ) / 2a
        • X2 = (-b - sqrt(D) ) / 2a
      • Jika D<0,>
        • 1 = -b / 2a + (sqrt(D) / 2a) i
        • 2 = -b / 2a - (sqrt(D) / 2a) i
    • FLOWCHART

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiG3WEw7WWMayal2uYcSahYifqSXuY1R9xF9HrcXKMzF9KOMHyFs2GBeArkQos8hOYi1TXXdi6Wa3tl0FnmL247U0rCbZUGQSTe0g7OC5lu5dx-Gz8FNK9MkzqEp6AFwXh5YaOCUDx70EBg/s320/flow4.jpg

    • SCRIPT PROGRAM

/*Program Pencari Deskriminan*/

/*M. IBNU ZAHID (7409030050)*/

#include

#include

main()

{

int true=1;

float a, b, c, d;

char p;

printf("M. IBNU ZAHID (7409030050)\n");

printf("Program pencari Deskriminan\n\n\n");

while(true)

{

printf("masukkan nilai a = ");

scanf("%f", &a);

printf("masukkan nilai b = ");

scanf("%f", &b);

printf("masukkan nilai c = ");

scanf("%f", &c);

d = b*b-4*a*c;

printf("\n\nDiskriminan dari persamaan kuadrat tersebut adalah %g\n", d);

if (d==0)

printf("dan terdapat 2 akar real yang kembar yaitu x1=x2=%g\n\n\n", -b/(2*a));

else if (d>0)

printf("dan terdapat 2 akar real yang berlawanan, yaitu:\nx1=%g\ndan\nx2=%g\n\n\n", (-b+sqrt(d))/(2*a), (-b-sqrt(d))/(2*a));

else

printf("dan terdapat 2 akar imaginair yang berlaian, yaitu:\nx1=%g\ndan\nx2=%g\n\n", ((-b/2*a)+(sqrt(-d)))/(2*a), ((-b/2*a)-(sqrt(-d)))/(2*a));

printf("Apakah anda ingin melanjutkan [y/t] : ");

fflush(stdin);

p=getchar();

if(p=='y'||p=='Y')

true=1;

else

true=0;

}

}

OUTPUT

Monday, September 28, 2009

Latihan algoritma 4



Algoritma

1. saldo=simpanan awal
2. isi form bank
3. if deposit,maka jumlah saldo = simpanan awal+amount
4. if withdraw,cek apakah deposit > withdaw
5. jika ya maka withdrawing
6. jika tidak maka ERROR
7. cetak hasil

Thursday, September 3, 2009

Latihan Algoritma 3

Algoritma Mengurutkan 3 bilangan acak

1.Masukkan bilangan 1,bilangan 2,dan bilangan 3

2.Kurangkan bilangan 1 dengan bilangan 2

3.Jika hasilnya positif maka bilangan 1 > bilangan 2 , jika hasilnya negatif maka bilangan 1 < bilangan 2

4.Kurangkan bilangan 1 dengan bilangan 3

5.Jika hasilnya positif maka bilangan 1 > bilangan 3 , jika hasilnya negatif maka bilangan 1 < bilangan 3

6.Kurangkan bilangan 2 dengan bilangan 3

7.Jika hasilnya positif maka bilangan 2> bilangan3 ,jika hasilnya negatif maka bilangan 2< bilangan 3

8.Susun 3 bilangan tersebut dari nilai terkecil ke terbesar

Latihan Algoritma 2

Algoritma Aktivitas yang Saya Kerjakan dari Pagi hingga Malam Hari

1.Bangun tidur
2.Sholat Subuh
3.Mandi pagi
4.Sholat Dhuha
5.Berangkat kuliah
6.Sholat Dzuhur
7.Pulang kuliah
8.Sholat Ashar
9.Mandi Sore
10.Sholat Maghrib
11.Baca Al Qur'an
12.Makan malam
13.Sholat Isya'
14.Belajar
15.Tidur

Latihan Algoritma 1

Algoritma Proses Pembuatan Kopi yang Rasa Manisnya Tepat
1.Siapkan kopi,gula,gelas,sendok,air
2.Panaskan air yang akan digunakan untuk menyeduh kopi
3.Baca petunjuk di balik kemasan kopi agar dihasilkan kopi dengan rasa manis yang tepat
4.Tuang kopi ke dalam gelas sesuai petunjuk
5.Tambahkan gula sesuai petunjuk
6.Tuang air yang telah dipanaskan ke dalam gelas yang berisi gula dan kopi
7.Aduk dengan sendok hingga kopi dan gula tercampur sempurna
8.Tes rasa manis kopi agar mendapatkan hasil yang tepat
9.Apabila kurang tepat,tambahkan kopi atau gula untuk mendapatkan hasil yang tepat